Sumber Sumber Ide Bisnis
Setiap orang mempunyai ide bisnis yang berbeda-beda, namun kemungkinan memiliki ide bisnis yang sama antara satu dengan yang lainnya juga tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi dan hal ini sudah sering kita dijumpai di masyarakat. Ada begitu banyak sumber-sumber ide bisnis yang bisa kita dapatkan. Sumber- sumber ide bisnis itu sendiri menurut saya bisa didapatkan dari pengalaman pribadi dilingkungan keluarga, pengalaman ditempat kita bekerja, berasal dari potensi dan hobby yang dimiliki oleh setiap orang, dan juga bisa berasal dari peluang pasar yang telah kita amati.
1. Pengalaman dilingkungan keluarga
Terlahir dari orang tua pembisnis, tidak jarang anak-anak dan cucu atau garis turunannya juga mempunyai jiwa bisnis yang tinggi. hal ini sering kita temui dalam masyarakat yang notabendnya adalah pengusaha. latar belakang orang tua pengusaha biasanya membuat sang anak menjadi penerus usaha orangtuanya, bahkan atas dasar pengalaman yang sering di lihat, dialami dan di dengar dalam lingkungan keluarga itulah yang menjadi salah satu munculnya ide bisnis bagi para pengusaha muda atau pemula.
2. Pengalaman dilingkungan tempat kerja
Sering kali kita mendengar para pengusaha sukses dalam mengawali atau merintis bisnisnya yaitu dengan berbekal apa yang ia dapatkan dari pengalamanan di tempat dia bekerja. atas dasar pengalaman itulah, pebisnis tersebut menemukan ide bisnis yang akhirnya ia jalani mulai dari titik nol hingga bisnisnya sudah berada di titik kesusksesannya saat ini.
3. Potensi dan hobby
Setiap orang mempunyai potensi dan hobby-nya masing-masing. Atas dasar potensi yang dimiliki itulah yang membuat seseorang menemukan ide dalam berbisnis. Begitupula dengan hobby yang dimiliki oleh setiap orang, dimana hobinya tersebut dijadikan sebagai sumber ide dalam berbisnis, sehingga bisnis yang dijalankanpun akan terasa nyaman dan enjoy karena sesuai dengan hobby yang dimiliki.
4. Peluang Pasar yang telah diamati
Yang sering menjadi salah satu sumber ide bisnis yaitu adanya peluang pasar yang telah kita amati. Dengan begitu kita dapat mengetahui produk-produk apa saja yang sangat dibutuhkan oleh konsumen saat ini dan usaha apa saja cocok atau memiliki peluang besar dipasaran.
Ada 2 macam pendekatan dalam mencari peluang usaha yaitu Inside Out dan Outside In. Pendekatan Inside Out yaitu pendekatan dimana gagasan menjadi kunci dalam keberhasilan usaha, oleh sebab itu perlunya ide kreatif dan inovatif seta perlunya mengembangkan potensi diri. Sedaangkan pendekatan Outside In yaitu pendekatan yang menanggapi kebutuhan pasar sebagai kunci kesuksesan suatau usaha, oleh sebab itu perlu adanya observasi produk apa saja yang sangat diminati konsumen saat ini
Usaha yang berasal dari diri saya sendiri (Inside Out) ada 2 jenis yaitu membuka restoran yang menyajikan makanan khas Sulawesi dan menjadi exportir hasil laut. Sedangkan jenis usaha yang berasal dari pengamatan kondisi pasar saat ini menurut saya ada 2 jenis yaitu menjadi youtuber dan membuka online shop.
Satu dari ke-empat jenis usaha di atas yang ingin saya realisasikan terlebih dahulu yaitu membuka restoran di jakarta, yang mana restoran tersebut menyajikan kuliner khas Sulawesi. kenapa harus makanan khas sulawesi?karena menurut saya, di wilayah Jakarta itu sendi restoran yang menyajikan makanan khas Sulawesi masih sangat jarang di temui,baik di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Utara maupun Jakarta selatan masih sangat-sangat jarang. Melihat begitu banyak peminat kuliner khas daerah ini, dikarenakan rasanya yang begitu enak dan beraneka jenis makanan yang disajikan mulai dari olahan ikan laut segar dan daging sapi, sedangkan restorannya terbatas, atas dasar itulah saya berkeinginan membuka restoran tersebut.