Teknik dan Strategi Pemasaran


Hello guys, buat kamu yang lagi mau memasarkan barang atau produk kamu, nih aku punya tips  dalam memasarkan produk tersebut. Nah, sebelum aku kasih tipsnyaa, aku mau jelasin dulu apa sih yang di maksud dengan strategi pemasaran dan apa yang menjadi tujuan dari pemasaran tersebut. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka meraih tujuan, sebab potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.  Pemasaran itu sendiri adalah suatu kegiatan yang  meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menentukan tingkat harga, mempromosikannya agar produk dikenal kosumen, mendistribusikan produk ketempat konsumen.

Tujuan dari Strategi Pemasaran

Ada beberapa tujuan dari strategi pemasaran, yaitu sebagai berikut:

1.      Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran

2.      Mengukur hasil pemasaran menurut standar prestasi yang berlaku

3.      Sebagai dasar yang masiuk akal dalam setiap pengambilan keputussn

4.      Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam suatu pemasaran.

 

 

Tehnik Strategi Pemasaran

Dalam mengembangkan sebuah bisnis atau usaha yang anda jalani, maka perlu adanya beberapa  tehnik yang baik yang harus anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:

1.      Melakukan Segmentasi Pasar

Tehnik ini yaitu dengan cara mengelompokan pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, wilayah agar promosi yang diberikan tepat sasaran

2.      Perencanaan Produk

Meliputi detail produk yang terperinci, pemberian merek pada produk tersebut, penmgemassan, dan persediaan produk.

3.      Penetapan Harga yang Sesuai

Dalam hal ini, harga disesuaikan dengan kualitas produk

4.      Pendistribusian

Pastikan jumalh produk disesuaikan dengan wilayah. Pastikan untuk wilayah yang permintaannya tinggi terhadap  produk anda, hendaknya mendapatkan kuantitas produk yang banyak pula.

5.      Promosi

Dengan tujuan memperkenalkan produk kita kepada masyarakat dengan begitu kita bisa mendapatkan calon konsumen

6.      Penggunaan Sosial Media

dengan adanya media social maka dengan mudahnya kita memperkenalkan dan memasarkan produk kita sampai ke semua pelosok. Dengan demikian dapat memaksimalkan potensi penjualan produk tersebut.

7.      Promosi Melalui Mulut ke Mulut

Cukup efektif dalam pemasaran produk anda. Untuk itu pastikan anda produk anda mempunyai kualitas yang baik.

 

Kegiatan Pemasaran

Kegiatan Pemasaran adalah suatu aktivitas yang dilakuakn untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa. Kegiatan pemasaran itu sendiri meliputi pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen.

 

Perencanaan Pemasaran

Ada beberapa Iangkah yang dilakukan dalam merencanakan pemasaran produk, yaitu sebagai berikut:

1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkankonsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dankapan mereka membutuhkan.

2. Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus,yaitu sebagai berikut.

a. Pasar individual (individual market).

b. Relung pasar (niche market).

c. Segmentasi pasar (market segmentation)

Adapun  Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum va/ue), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus)

3.Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagaiberikut.

a. Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

b. Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu efektif,efisien dan tepat.

c. Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidupkenyamanan, dan kenikmatan.

d. lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

e. Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujuddalam bentuk:

1) kecepatanuntuk menempatkan produk baru dipasar;

2) memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)

a. Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

4. Pemilihan Strategi PemasaranStrategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujianpenelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran

Prinsip-prinsip pokok yang harus anda pertahakan dalam menjaga kepuasan konsumen atau pelanggan anda, diantaranya sebagai berikut:

a.Berorientasi pada kunsumen

1) Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuhilah secepat mungkin kekurangantersebut.

2) Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang memuaskan.

3) Mintalah umpan balik (feed-back) dari karyawan tetntang upaya perbaikan pelayananyang harus diberikan kepada pelanggan.

4) Buatlah komitmen untuk membuat pelayanan terbaik kepada konsumen.

5) Izinkanlah manajer untuk menunggu pelanggan temporer.

6) Hati-hatilah dalam memilih dan melatih seseorang yang akan berhubungan denganpelanggan.

7) Kembangkan pelayanan bagi karyawan sehingga komunikasi betu|~betu| mengarahpada pelanggan.

8) Berikan insentif kepada karyawan yang betul-betul memberikan pelayanan istimewakepada pelanggan.

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Kualitas

Kualitas harus mencrminkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ada beberapa macam komponen Kualitas yaitu sebagai berikut.

1) Ketepatan (reability), yaitu rata-rata kelalaianl pengabaian.

2) Daya tahan (durabu/ity),yaitu berapa Iama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/bertahan.

3) Mudah digunakan (ease of use), yaitu barang danjasa tersebut memberikan kemudahanuntuk digunakan.

4) Nama merek yang terkenal dan dipercaya (know and frusted brand name)

5) Harga yang relatif rendah (price)

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Kesenangan

Memberikan pelayanan yang menyenangkan dengan memperhatikan hal-hal sebagaiberikut.

1) Lokasi usaha harus dekat.

2) Berikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan.

3) Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan.

4) Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak.

5) Berikan kemudahan untuk menggunakan cara kredit.

6) Latihlah karyawan untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat, tepat, hemat,sopan.

d. lnovasi  .

lnovasi merupakan kekuatan bagi wirausaha dalam meraih sukses usahanya, seperti produk baru, perbedaan teknik/ cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.

 

e. Kecepatan

Secara filosofi, kecepatan disebut 77me Compression Management (TCM), yang memiliki dua aspek :

1) mempercepat produk-baru kepasar;

2) memperpendek waktu dalam merespons permintaan pelanggan baik dalam memprosesproduk maupun dalam mendistribusikan atau menyampaikannya. Agar perusahaan yang mementingkan TQM dapat bersaing, hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut.:

1) Perbaharui keseluruhan proses agar Iebih cepat.

2) Ciptakan fungsi silang dari tim kerja, berikan kekuatan untuk memecahkan persoalan.

3) Arahkan tujuan Secara agresif untuk mengurangi waktu dan memperpendek jadwal.

4) Tanamkan budaya cepat.

5) Gunakan teknologi yang dapat mempercepat proses.

f. Pelayanaan dan Kepuasaan Pelanggan

Cara menciptakan pelayanaan dan Kepuasaan pelanggan adalah sebagai berikut.

1) Dengarkan dan perhatikan pelanggan.

2) Tetapkan pelayanaan yang baik.

3) Tetapkan ukuran dan kinerja standar.

4) Berikan perlindungan dan hak-hak karyawan.

5) Latih karyawan cara memberikan pelayanaan yang istimewa.

6) Gunakan teknologi yang memberikan pelayanaan terbaik.

7) Berikan hadiah bagi pelayanaan terbaik.

 

Kesimpulan

Untuk mengembangkan sebuah bisnis atau usaha, perlunya melakukan teknik pemasaran dengan baik. Dengan demikian, konsumen tertarik untuk mengenal lebih dalam dan mau menggunakan produk yang kita pasarkan. Maka dari itu, sebaiknya anda harus mengerti atau memahami betul pengertian dan langkah-langkah yang akan anda lakukan dalam menjalankan usaha atau bisnis anda tersebut. Selanjutnya yaitu anda perlu mempraktekan hal tersebut guna mengikat daya tarik pelanggan, dengan demikian anda mendapatkan konsumen.  Selain itu, pastikan anda juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam pengelolaan keuangan, dengan demikian rencana dlam membangun strategi dan tehnikpemasaran terhadap bisnis atau usaha anda terebut berjalan seoptimal mungkin.

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck