Teknik dan Strategi Pemasaran
Hello
guys, buat kamu yang lagi mau memasarkan barang atau produk kamu, nih aku punya
tips dalam memasarkan produk tersebut.
Nah, sebelum aku kasih tipsnyaa, aku mau jelasin dulu apa sih yang di maksud
dengan strategi pemasaran dan apa yang menjadi tujuan dari pemasaran tersebut. Yang
dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu cara yang dilakukan oleh suatu
perusahaan dalam rangka meraih tujuan, sebab potensi untuk menjual proposisi
terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Pemasaran itu sendiri adalah suatu kegiatan yang
meneliti kebutuhan dan keinginan
konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
konsumen, menentukan tingkat harga, mempromosikannya agar produk dikenal
kosumen, mendistribusikan produk ketempat konsumen.
Tujuan dari Strategi Pemasaran
Ada
beberapa tujuan dari strategi pemasaran, yaitu sebagai berikut:
1. Meningkatkan
kualitas koordinasi kepada tim pemasaran
2. Mengukur
hasil pemasaran menurut standar prestasi yang berlaku
3. Sebagai
dasar yang masiuk akal dalam setiap pengambilan keputussn
4. Meningkatkan
kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam suatu pemasaran.
Tehnik Strategi Pemasaran
Dalam
mengembangkan sebuah bisnis atau usaha yang anda jalani, maka perlu adanya
beberapa tehnik yang baik yang harus
anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:
1. Melakukan
Segmentasi Pasar
Tehnik
ini yaitu dengan cara mengelompokan pasar berdasarkan jenis kelamin, usia,
wilayah agar promosi yang diberikan tepat sasaran
2. Perencanaan
Produk
Meliputi
detail produk yang terperinci, pemberian merek pada produk tersebut, penmgemassan,
dan persediaan produk.
3. Penetapan
Harga yang Sesuai
Dalam
hal ini, harga disesuaikan dengan kualitas produk
4. Pendistribusian
Pastikan
jumalh produk disesuaikan dengan wilayah. Pastikan untuk wilayah yang
permintaannya tinggi terhadap produk
anda, hendaknya mendapatkan kuantitas produk yang banyak pula.
5. Promosi
Dengan
tujuan memperkenalkan produk kita kepada masyarakat dengan begitu kita bisa
mendapatkan calon konsumen
6. Penggunaan
Sosial Media
dengan
adanya media social maka dengan mudahnya kita memperkenalkan dan memasarkan produk
kita sampai ke semua pelosok. Dengan demikian dapat memaksimalkan potensi
penjualan produk tersebut.
7. Promosi
Melalui Mulut ke Mulut
Cukup
efektif dalam pemasaran produk anda. Untuk itu pastikan anda produk anda
mempunyai kualitas yang baik.
Kegiatan Pemasaran
Kegiatan
Pemasaran adalah suatu aktivitas yang dilakuakn untuk memperkenalkan dan
memasarkan produk atau jasa. Kegiatan pemasaran itu sendiri meliputi
pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen.
Perencanaan Pemasaran
Ada
beberapa Iangkah yang dilakukan dalam merencanakan pemasaran produk, yaitu
sebagai berikut:
1.
Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan
dibutuhkankonsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang
membutuhkan, dankapan mereka membutuhkan.
2.
Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar
sasaran khusus,yaitu sebagai berikut.
a.
Pasar individual (individual market).
b.
Relung pasar (niche market).
c.
Segmentasi pasar (market segmentation)
Adapun Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan
nilai bagi langganan (costum va/ue), keunggulan bersaing (competitive
advantages) dan focus pemasaran (focus)
3.Menempatkan
Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan
dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagaiberikut.
a.
Orintasi pada pelanggan (customer orientation).
b.
Kualitas (qua/ity), ialah mengutamakan TQM (Total Qua/ityManagement) yaitu
efektif,efisien dan tepat.
c.
Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan
hidupkenyamanan, dan kenikmatan.
d.
lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk,
maupun proses.
e.
Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujuddalam
bentuk:
1)
kecepatanuntuk menempatkan produk baru dipasar;
2)
memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer
Response Time)
a.
Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
4.
Pemilihan Strategi PemasaranStrategi pemasaran adalah paduan dari kinerja
wirausaha dengan hasil pengujianpenelitian pasar sebelumnya dalam hasil
pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan
strategi pemasaran
Prinsip-prinsip
pokok yang harus anda pertahakan dalam menjaga kepuasan konsumen atau pelanggan
anda, diantaranya sebagai berikut:
a.Berorientasi
pada kunsumen
1)
Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuhilah secepat mungkin
kekurangantersebut.
2)
Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang memuaskan.
3)
Mintalah umpan balik (feed-back) dari karyawan tetntang upaya perbaikan
pelayananyang harus diberikan kepada pelanggan.
4)
Buatlah komitmen untuk membuat pelayanan terbaik kepada konsumen.
5)
Izinkanlah manajer untuk menunggu pelanggan temporer.
6)
Hati-hatilah dalam memilih dan melatih seseorang yang akan berhubungan
denganpelanggan.
7)
Kembangkan pelayanan bagi karyawan sehingga komunikasi betu|~betu| mengarahpada
pelanggan.
8)
Berikan insentif kepada karyawan yang betul-betul memberikan pelayanan
istimewakepada pelanggan.
b.
Kualitas
Kualitas
harus mencrminkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ada beberapa macam
komponen Kualitas yaitu sebagai berikut.
1)
Ketepatan (reability), yaitu rata-rata kelalaianl pengabaian.
2)
Daya tahan (durabu/ity),yaitu berapa Iama barang dan jasa tersebut dapat
dipakai/bertahan.
3)
Mudah digunakan (ease of use), yaitu barang danjasa tersebut memberikan
kemudahanuntuk digunakan.
4)
Nama merek yang terkenal dan dipercaya (know and frusted brand name)
5)
Harga yang relatif rendah (price)
c.
Kesenangan
Memberikan
pelayanan yang menyenangkan dengan memperhatikan hal-hal sebagaiberikut.
1)
Lokasi usaha harus dekat.
2)
Berikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan.
3)
Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan.
4)
Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak.
5)
Berikan kemudahan untuk menggunakan cara kredit.
6)
Latihlah karyawan untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat, tepat,
hemat,sopan.
d.
lnovasi .
lnovasi
merupakan kekuatan bagi wirausaha dalam meraih sukses usahanya, seperti produk
baru, perbedaan teknik/ cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.
e.
Kecepatan
Secara
filosofi, kecepatan disebut 77me Compression Management (TCM), yang memiliki dua
aspek :
1)
mempercepat produk-baru kepasar;
2)
memperpendek waktu dalam merespons permintaan pelanggan baik dalam
memprosesproduk maupun dalam mendistribusikan atau menyampaikannya. Agar
perusahaan yang mementingkan TQM dapat bersaing, hendaknya melakukan hal-hal
sebagai berikut.:
1)
Perbaharui keseluruhan proses agar Iebih cepat.
2)
Ciptakan fungsi silang dari tim kerja, berikan kekuatan untuk memecahkan
persoalan.
3)
Arahkan tujuan Secara agresif untuk mengurangi waktu dan memperpendek jadwal.
4)
Tanamkan budaya cepat.
5)
Gunakan teknologi yang dapat mempercepat proses.
f.
Pelayanaan dan Kepuasaan Pelanggan
Cara
menciptakan pelayanaan dan Kepuasaan pelanggan adalah sebagai berikut.
1)
Dengarkan dan perhatikan pelanggan.
2)
Tetapkan pelayanaan yang baik.
3)
Tetapkan ukuran dan kinerja standar.
4)
Berikan perlindungan dan hak-hak karyawan.
5)
Latih karyawan cara memberikan pelayanaan yang istimewa.
6)
Gunakan teknologi yang memberikan pelayanaan terbaik.
7)
Berikan hadiah bagi pelayanaan terbaik.
Kesimpulan
Untuk
mengembangkan sebuah bisnis atau usaha, perlunya melakukan teknik pemasaran
dengan baik. Dengan demikian, konsumen tertarik untuk mengenal lebih dalam dan
mau menggunakan produk yang kita pasarkan. Maka dari itu, sebaiknya anda harus
mengerti atau memahami betul pengertian dan langkah-langkah yang akan anda
lakukan dalam menjalankan usaha atau bisnis anda tersebut. Selanjutnya yaitu
anda perlu mempraktekan hal tersebut guna mengikat daya tarik pelanggan, dengan
demikian anda mendapatkan konsumen. Selain
itu, pastikan anda juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam pengelolaan
keuangan, dengan demikian rencana dlam membangun strategi dan tehnikpemasaran
terhadap bisnis atau usaha anda terebut berjalan seoptimal mungkin.