Digital Marketing

 

Hallo buat kalian semua, di sesi kali ini saya membuat sebuah artikel tentang strategi digital. Secara, di zaman sekarang ini segala sesuatu mengalami begitu banyak  kemajuan yang mana hampir semua serba teknologi. Untuk itu, teman-teman sebagai pelaku bisnis tentu sja sangat diutungkan dengan adanya kemajuan ternologi ini. Dimanapun teman-teman berada, sebagai pelaku bisnis dapat dengan mudahnya dan seluas mungkin menjangkau semua kalangan untuk memporomosikan dan menjual produk atau jasa apapun dan dengan cara apapun. Digital marketing merupakan strategi yang sangat cocok dan sangat tepat untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk atau jasa apapun yang dimiliki oleh para pelaku bisnis.

Beberapa pendapat tentang pengertian digital marketing, diantaranya menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.

Adapun strategi marketing strateginya adalah karyawan perusahaan yang bekerja di departemen yang berbeda. Semua karyawan bekerja untuk organisasi yang sama dengan satu motif; untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis mereka.

Demikian pula, semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan sebanyak mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis tersebut.Bebeberapa strategi pemasaran digital pada umumnya:

           Search Engine Optimization (SEO)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

 

           Search Engine Marketing

SEMSEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing.

Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan disearch engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja.Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan caraPPC -pay per clickatau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.SEO dan SEMtidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada

bagian yang diiklankan. Ini artinya, SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

Blog/Website MarketingBlogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis.Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangunotoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).

           Content Marketing

Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan.Pada dasarnya, pemasaran konten adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian.Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial, dan masih banyak lagi. Semua ini dapat berkontribusi untuk menjadi bagian dari kampanye pemasaran digital yang membantu membangun kesadaran brand di antara konsumen.

           Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.Media sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka. Selain menyediakan layanan pelanggan, dapat menggunakan media sosial untuk menjalankan kampanye iklan, kontes, membuat konten kreatif dan menarik, bahkan bisa menjadi viral.

           EmailMarketing

Menurut Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15 kali sehari, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak daripada itu. Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan.Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana setiap segmen pemasaran digital dapat berkontribusi pada bisnis dan akan membantu untuk menentukan struktur pemasaran digital yang ingin dibuat dan dijalankan.

           Banner Marketing

Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.

           Mobile Marketing

Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkanuntuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.

           Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antarpengguna.

           Viral Marketing

Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah di-endorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media sosial banya.

Mamfaat dari digital marketing.

Adapun manfaat dari digital marketing meliputi

           Jangkauan skala global Situs web

 memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.

           Biaya lebih rendah

Kampanye digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

           Hasil yang dapat dilacak dan terukur

Berbagai alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.

           Personalisasi

Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

           Keterbukaan

Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.

           Mata uang sosial

Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

           Peningkatan tingkat konversi

Dengan mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.

Keungulan digital marketing

Pemasaran digital menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk terus berhubungan dengan Anda. Mayoritas orang menggunakan internet selama beberapa jam setiap hari adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Digital marketing hanya menggunakan internet yang memiliki keuntungan untuk menjalin komunikasi pemasaran ke setiap saluran digital kita bisa melakukan dimanapun dan kapan pun.

Kesimpulan:

Perkembangan teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini juga disebut sebagai sebutan ’eradigital’. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi digital digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.Peradaban era digital mempunyai dampak yang sangat besar bagi perubahan perilaku manusia, baik perilaku-perilaku yang dimulai dari kehidupan rumah tangga sampai pada kehidupan bernegara, dengan kata lain teknologi digital mempunyai dampak yang sangat signifikan dan masif terhadap perubahan perilaku manusia saat ini maka dari itu membangun bisnis memakai digital mareting adalah cara yang sangat cocok di era sekarang ini di dalam situasi yang mana pergerakan manusia saat ini  dibatasi karena adanya pandemi covid 19, untuk itu digital marketing menjadi solusi atas bisnis atau usaha yang sedang teman-teman jananin agar   tetap bersaing dan tetap eksis juga berkembang di tengah pandemi covid 19.

 

 

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck