Digital Marketing
Hallo
buat kalian semua, di sesi kali ini saya membuat sebuah artikel tentang strategi
digital. Secara, di zaman sekarang ini segala sesuatu mengalami begitu banyak kemajuan yang mana hampir semua serba
teknologi. Untuk itu, teman-teman sebagai pelaku bisnis tentu sja sangat diutungkan
dengan adanya kemajuan ternologi ini. Dimanapun teman-teman berada, sebagai pelaku
bisnis dapat dengan mudahnya dan seluas mungkin menjangkau semua kalangan untuk
memporomosikan dan menjual produk atau jasa apapun dan dengan cara apapun. Digital
marketing merupakan strategi yang sangat cocok dan sangat tepat untuk
memperkenalkan atau mempromosikan produk atau jasa apapun yang dimiliki oleh
para pelaku bisnis.
Beberapa
pendapat tentang pengertian digital marketing, diantaranya menurut Chaffey
(2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk
online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya)
yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk
mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.Sedangkan, menurut Urban
(2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi
komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional.
Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan
selalu beradaptasi.
Adapun
strategi marketing strateginya adalah karyawan perusahaan yang bekerja di
departemen yang berbeda. Semua karyawan bekerja untuk organisasi yang sama
dengan satu motif; untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis mereka.
Demikian
pula, semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan sebanyak
mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan mengubah prospek menjadi
pelanggan setia untuk bisnis tersebut.Bebeberapa strategi pemasaran digital
pada umumnya:
• Search Engine Optimization (SEO)
SEO
yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin
pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk
menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine
Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO
memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan
keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.Hal ini dikarenakan
dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan
ditargetkan. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk
mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk
meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget.
Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi
website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi
posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin
tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog
tersebut.
• Search Engine Marketing
SEMSEM
merupakan singkatan dari Search Engine Marketing.
Sama
seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau
blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik
dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan disearch engine
adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun
ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten
tulisan saja.Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan
trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias
tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya
dilakukan dengan caraPPC -pay per clickatau dengan ketentuan berapa lama waktu.
Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan.
SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang
akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.SEO
dan SEMtidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap
sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis
di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada
mesin pencarian organik dan juga pada
bagian
yang diiklankan. Ini artinya, SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan
bisnis di dunia online.
Blog/Website
MarketingBlogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog
atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah
saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain)
yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis.Keuntungan dari blog
marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web,
membantu membangunotoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang
bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang
(jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).
• Content Marketing
Pemasaran
konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun
strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan
dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk
menarik minat pada bisnis yang ditawarkan.Pada dasarnya, pemasaran konten adalah
tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan
mereka untuk melakukan pembelian.Beberapa bentuk pemasaran konten adalah:
video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media
sosial, dan masih banyak lagi. Semua ini dapat berkontribusi untuk menjadi
bagian dari kampanye pemasaran digital yang membantu membangun kesadaran brand
di antara konsumen.
• Sosial Media Marketing
Sosial
media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media
sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga
calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini,
pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain
itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar
pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.Media sosial adalah
tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil tetap
berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka. Selain
menyediakan layanan pelanggan, dapat menggunakan media sosial untuk menjalankan
kampanye iklan, kontes, membuat konten kreatif dan menarik, bahkan bisa menjadi
viral.
• EmailMarketing
Menurut
Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15 kali sehari, tetapi jumlahnya
bisa lebih banyak daripada itu. Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber
utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering
digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau
produk dan telah memilih untuk berlangganan.Peluang untuk berhasil membuat
pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang
ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis
menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi,
dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.Memiliki pemahaman yang lebih
baik tentang bagaimana setiap segmen pemasaran digital dapat berkontribusi pada
bisnis dan akan membantu untuk menentukan struktur pemasaran digital yang ingin
dibuat dan dijalankan.
• Banner Marketing
Banner
marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan
spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web,
kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang
memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping
halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.
• Mobile Marketing
Mobile
marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam
menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini
dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di
optimalkanuntuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.
• Affiliate Marketing
Affiliate
marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer
(biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs
web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs
web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan
bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antarpengguna.
• Viral Marketing
Viral
marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang
beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar
atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk
penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara
dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah di-endorse oleh
seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media
sosial banya.
Mamfaat
dari digital marketing.
Adapun
manfaat dari digital marketing meliputi
• Jangkauan skala global Situs web
memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar
baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat
kecil.
• Biaya lebih rendah
Kampanye
digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang
tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran
tradisional.
• Hasil yang dapat dilacak dan terukur
Berbagai
alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti
analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan
seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat
memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs
web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.
• Personalisasi
Jika
basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang
mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang
ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil
pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
• Keterbukaan
Dengan
menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai
kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang
mudah untuk diajak berinteraksi.
• Mata uang sosial
Digital
marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik
menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat
memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan
menjadi viral.
• Peningkatan tingkat konversi
Dengan
mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan
pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan
menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana
saja dan kapan saja.
Keungulan
digital marketing
Pemasaran
digital menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk
terus berhubungan dengan Anda. Mayoritas orang menggunakan internet selama
beberapa jam setiap hari adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Digital
marketing hanya menggunakan internet yang memiliki keuntungan untuk menjalin
komunikasi pemasaran ke setiap saluran digital kita bisa melakukan dimanapun
dan kapan pun.
Kesimpulan:
Perkembangan
teknologi pada umumnya dan khusunya teknologi digital mengalami perkembangan
yang sangat pesat pada dekade terakhir ini, bahkan era terakhir belakangan ini
juga disebut sebagai sebutan ’eradigital’. Pada era digital seperti ini,
manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari
perangkat yang serba elektronik. Teknologi digital menjadi alat yang mampu
membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi digital digunakan oleh
manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting
teknologi digital inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era
digital.Peradaban era digital mempunyai dampak yang sangat besar bagi perubahan
perilaku manusia, baik perilaku-perilaku yang dimulai dari kehidupan rumah
tangga sampai pada kehidupan bernegara, dengan kata lain teknologi digital
mempunyai dampak yang sangat signifikan dan masif terhadap perubahan perilaku
manusia saat ini maka dari itu membangun bisnis memakai digital mareting adalah
cara yang sangat cocok di era sekarang ini di dalam situasi yang mana pergerakan
manusia saat ini dibatasi karena adanya
pandemi covid 19, untuk itu digital marketing menjadi solusi atas bisnis atau
usaha yang sedang teman-teman jananin agar
tetap bersaing dan tetap eksis juga berkembang di tengah pandemi covid
19.