Business Model Canvas

 

Mengembangkan rencana bisnis dalam suatu usaha pada saat ini adalah hal yang paling penting guna meningkatkan keuntungan dalam suatu usaha atau bisnis. Di dalam upaya untuk menciptakan sebuah peluang pasar baru dalam berbisnis terlebih dahulu harus mempunyai rencana bisnis yang baik. Minimnya unit usaha pembuatan  pisang coklat di daerah ini merupakan peluang untuk mendirikan usaha. Selanjutnya, diperlukan sebuah bisnis model yang dapat membantu merumuskan strategi yang baik. Maka saya ingin menggunakan Business Model Canvas (BMC). BMC merupakan sebuah alat untuk membuat model bisnis yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat. Dari perencanaan menggunakan Business Model Canvas akan tercipta konsep rancangan bisnis yang bersifat kualitatif, tanpa memberikan informasi mengenai komponen biaya investasi apa saja yang akan muncul. Business Model Canvas sendiri merupakan tools yang fleksibel dan memungkinkan untuk dipadukan dengan pendekatan lain.

Dalam menjalankan bisnis model canvas ada  9 elemen yang harus di ketahui dan pahami saat melakukan perencanaan bisnis

a. Customer Segments

Hal pertama yang harus di  lakukan ketika menggunakan bisnis model kanvas adalah menentukan segmentasi pelanggan yang bisa menjadi target bisnis kita

Misalnya, ketika kita  memulai bisnis pisang goreng  dengan harga Rp15.000 per pcs, kira-kira siapa segmen kita , tidak mungkin kelas bawah dan kelas atas mungkin? Umumnya kelas bawah akan lebih memilih  gorengan yang di masak secara sederhana.

Customer segments di sini mencakup penjual dan pembeli sesuai dengan kebutuhan.

b. Value Proposition

Setelah menentukan segmentasi pelanggan, kita harus mulai membuat penjelasan dan rincian dari  keunggulan produk.

Tidak lupa  juga harus menjelaskan secara rinci apa saja poin-poin yang bisa mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan untuk target pelanggannya.

Kita  bisa menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis kita dengan bisnis lainnya, atau keunikan usaha yang ingin kitabuat.

Misalnya, kita sedang menjalankan bisnis pisang , kita  bisa menjabarkan dengan jelas nilai bisnis kita seperti bisnis  kita bukan hanya menggunakan tepung dan pisang yang biasa akan tetapi mengunaan tepung,coklat dan pisang yang berkwalitas .

c. Channels

Selanjutnya, kita bisa mulai menentukan media atau channel apa yang ingin kita  gunakan untuk memasarkan produk yang ingin kita  jual.

Dengan elemen yang satu inilah kita baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments dengan jelas.

Pemilihan channel ini adalah salah satu elemen yang paling menentukan keberhasilan sebuah  bisnis.

Misalnya, Anda ingin memasarkan bisnis pisang goreng tersebut melalui website, instagram, Key Opinion Leader, brosur, dan masih banyak lagi. 

d. Revenue Streams

Ini merupakan elemen model bisnis kanvas yang paling vital, di mana perusahaan bisa memperoleh pendapatan dari pelanggan.

Kita  harus mengelola elemen ini dengan baik dan memastikan tidak ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan besar. 

e. Key Resource

Key resource yang dimaksud di sini adalah elemen yang berisi daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan.

Elemen ini harus dikelola dengan baik untuk mewujudkan value proposition bisnis kita. Jenis sumber daya di sini mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia  dan penataan proses operasional.

Hal ini semua harus diperhatikan dengan baik saat kita  membuat model bisnis, karena hal inilah yang berdampak pada jangka panjang pada bisnis.

f. Customer Relationship

Pelanggan merupakan salah satu aset penting yang memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Jika ingin bisnis yang bertahan lama, kita  harus memastikan pelanggan kita  loyal dan setia terhadap produk kita . Bagaimana caranya?

Cobalah terus menjalin hubungan baik dengan pelanggan secara intens. Dengan begitu, pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.

Pastikan seluruh pelanggan kita mendapatkan layanan terbaik dari bisnis.

g. Key Activities

Key activities ini merupakan semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis dan berkaitan dengan sebuah produk. Kegiatan utama dalam elemen ini adalah untuk menghasilkan proposisi nilai.

Dalam membuat elemen ini, kita  harus menjelaskan bagaimana caranya menciptakan value proposition bisnis dengan melakukan beberapa aktivitas dengan tujuan produk atau jasa menjadi lebih dikenal dan diterima banyak orang.

h. Key Partnership

Elemen ini digunakan untuk pengorganisasian aliran produk atau layanan lainnya. Posisi-posisi key partnership ini memiliki manfaat untuk memberikan efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat.

Kita  bisa menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan tujuan bisnis kita , misalnya dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan atau usaha lain untuk meningkatkan performa bisnis lebih cepat. 

i. Cost Structure

Elemen terakhir yang harus kita  perhatikan adalah struktur pembiayaan bisnis atau cost structure. Ini menjadi hal penting untuk mengurangi risiko kerugian.

Bagaimana caranya? Kita harus bisa mengelola biaya secara efisien agar pengeluaran bisnis menjadi lebih hemat. Elemen ini juga bisa memengaruhi proposisi nilai yang tepat untuk pelanggan.

Bisnis Model Canvas

Rencana bisnis

Olahan pisang

Key Fhatner                 8

Key Activities                7

Value Propositions           2

Customer relationship       4

 Customer segment         1

Mitra utama)

(Aktivitas utama)

(Proposisi nilai)

(kemitraan pelangan)

(segment pelangan)

Hotel

Budi daya pisang

Kripik pisang aneka rasa

Penjualan langsung

Keluarga untuk oleh oleh

Rumah Kemasan

Menjadi kripik

 

Online/outlet

Remaja dan mahasiswa

Pengusaha catering

Pengolahan pembuatan

Trowberry dll)

Reseller pada minimarket/toko

Anak anak

 

cake pisang

Kripik pisang kemasan

 

 

 

Pemasarang

Oleh-oleh, kemasan praktis

 

 

 

 

dan menarik, kripik awet

 

 

 

 

dan tahan lama, menerima

 

 

 

 

pesanan.

 

 

 

 

Halal,sehat dan bergizi

 

 

 

Key resources                                    6

 

Channel                                     3

 

 

(Sumber daya utama)

 

(Saluran)

 

 

Lahan Budi daya pisang

 

Brosur

 

 

Peralatan perajang kripik

 

medsos

 

 

Alat pengorengan yang baik

 

Pameran

 

 

Alat pembuatan cake pisang

 

 

 

 

 

 

 

 

Cost Sructure                                                                                                                               

9

 

 

5

(Structur biaya)

 

 

(Arus pendapatan)

 

Biaya budi daya pisang

 

 

Penjualan kripik pisang

 

Biaya panen dan pasca panen

 

Penjualan cake pisang

 

Biaya pembuatan kripik pisang

 

Penjualan daun pisang

 

Biaya pembuatan cake pisang

 

 

 

Biaya kemasan dan pemasaran

 

 

 

Biaya air dan listrik

 

 

 

 

Biaya sosialisasi,promosi

 

 

 

 

Biaya pajak dan perizinan

 

 

 

 

 

 

Jadi, pastikan kita  membuat laporan keuangan yang tepat dan sesuai untuk bisnis.

Itulah beberapa hal penting terkait bisnis kanvas.

 kita harus memastikan bahwa perusahaan memiliki Sumber Daya Manusia atau karyawan terbaik yang bisa berkembang dari waktu ke waktu.

Alasannya, karena karyawanlah yang menjadi salah satu aset perusahaan yang memengaruhi perkembangan suatu bisnis.

Saat ini, untuk mengelola karyawan pun tidak mudah. Sebagai HR, kita  harus bisa mengembangkan karyawan dan membuat strategi yang tepat untuk mempertahankan karyawan.

 

 

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck